Header Ads

Banner Iklan Sariksa

EIKORA, Produk ramah lingkungan karya Anak muda Padang panjang siap menjadi Ikon Serambi Mekah


Padangpanjang_Nyalo.Net
Industri kerajinan sandang terus mengalami perkembangan dalam hal kreasi dan inovasi, mulai dari memanfaatkan barang bekas hingga menciptakan produk yang menjadi bisnis ramah lingkungan. Salah satu produk yang sedang naik daun saat ini adalah ecoprint.

Ecoprint adalah produk fesyen ramah lingkungan yang terbuat dari bahan alami. Lahirnya ecoprint berawal dari kepedulian terhadap pelestarian alam. Hal ini membuat sebagian orang memilih untuk beralih ke produk yang ramah lingkungan. Lahirnya ecoprint tidak hanya sebagai produk ramah lingkungan, tetapi juga wujud penghargaan terhadap sumber daya alam. Hal ini tercermin dari proses pembuatan produk yang dihasilkannya. Seni mencetak warna dan motif pada suatu media organik (kain, kertas, kayu, kulit hewan, dll) dengan teknik penggunaan bahan alami seperti daun, bunga, batang, atau bagian tumbuhan lain yang menghasilkan pigmen warna atau memiliki tanin yang kuat.

Bahan/kain yang digunakan pada teknik ecoprint ini harus menggunakan bahan/kain organik/serat alami seperti katun ori, rayon ori, sutra, linen, rami, dll, berbeda dengan pakaian pada umumnya yang masih banyak menggunakan campuran polyester/plastik dalam serat kainnya. Dalam segi manfaat tentunya sangat besar apalagi manfaat jangka panjang, hal ini sangat mempengaruhi perihal kesehatan manusia dan kelestarian lingkungan.

Eikora merupakan brand feisyen karya anak muda Padang panjang yang menerapkan teknik ecoprint pada kain. Eikora berawal dari program kementrian pada ajang program pembinaan mahasiswa wirausaha (P2MW) kementrian KEMENDIKBUD kini Eikora tumbuh menjadi peluang bisnis yang di garap secara profesional oleh sekelompok anak muda Padang panjang.

Wahyu Pramanda Selaku pimpinan EIKORA menjelaskan, Eikora dalam perkembangan nya telah banyak menghasilkan beragam produk fesyen , diantaranya jilbab, totebag , outer, topi dan beragam produk lain nya. Brand yang di kelola bersama lima orang sahabatnya ini terus mengembangkan produk ramah lingkungan yang sesuai dengan selera pasar “ Eikora menggunakan bahan alami dengan motif tumbuhan-tumbuhan yang ada di kota Padang panjang, selain sebagai Produk yang ramah linkungan ecoprint juga sebagai upaya mendokumentasikan dan memperkenalkan berbagai macam tumbuhan juga sebagai wujud peduli terhadap lingkungan’’.

Wahyu menambahkan, Eikora telah mengikuti berbabagi event dan pameran di antaranya , Enterpreneursip Award di Tanjung pinang, Temu Ramah Ecoprint se Sumatera Barat , Fesyen Fest BDI 2023dan banyak event besar lain nya, “ Dengan banyaknya mengikuti berbagai event besar serta antusias masyarakat terhadap produk EIKORA kami yakin produk ramah lingkungan karya anak muda Padang panjang ini nantinya dapat bersaing dengan produk luar dan dapat sebagai peluang bisnis dalam upaya peningkatan ekonomi masyarakat”, Tutupnya.

Eikora saat ini memiliki galeri dan ruang produksi di komplek  Senja kenangan Bukit surungan, untuk melihat produk-produk dan proses produksi masyarakat dapat melihat langsung atau mengunjung Media sosial mereka melalu Instagram Eikora_  atau Tiktok Eikora__ . (_Emil Salim)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.