Header Ads

Banner Iklan Sariksa

SUMPAH SATI PUNCAK NYALO. TITIK BALIK KEBULATAN TEKAD ANAK NAGARI GUNUANG MENEGAKKAN MARWAH BERNAGARI

 


SUMPAH SATI PUNCAK NYALO.

TITIK BALIK KEBULATAN TEKAD ANAK NAGARI GUNUANG MENEGAKKAN MARWAH BERNAGARI

Oleh : Suhatman Sutan Madjo Indo

Penasehat Badan Musyawarah Keluarga Minangkabau Sumatera Selatan.

Padang panjang.Nyalo.Net_.Pada hari Sabtu tanggal 12 bulan Zulhijah 1444 H bertepatan dengan tanggal 1 Juli 2023 M , Bundo kanduang Nagari Gunuang mengundang sejumlah tokoh dan Anak Nagari  baik di Ranah maupun di Rantau untuk berkumpul bersilaturrahmi di puncak Nyalo Bukik Kanduang  Jurai Gantiang Nagari Gunung kota Padang panjang. Pertemuan ini sebagai ruang silaturrahmi dan maikek raso sesama anak Nagari. 

Hubungan Kekerabatan  di Nagari Gunuang telah berlangsung harmonis sejak lama dan terjaga baik. Hal tersebut terjadi karena perasaan kekeluargaan yang di ikat oleh Raso dan Pareso. Seseorang akan dihargai oleh suku dan kaumnya serta masyarakat Nagari apabila apabila ia  bertindak bijaksana dalam menyikapi berbagai persoalan yang dapat memecah belah keharmonisan tersebut.

Hubungan kekerabatan bernagari harus senantiasa dijaga dengan baik oleh ninik mamak dan penghulu di Nagari serta unsur-unsur bernagari lain nya seperti urang nan ampek jinih yang terdiri dari , Pangulu , manti , malin dan Dubalang. Urang Ampek Jinih adalah suatu struktur kepemimpinan kolektif adat Minangkabau yang berkedudukan disetiap Kaum atau Nagari , kehadiran urang nan ampek jinih  suatu penguatan Syariat “Adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah” di Ranah Minang dan Nagari Gunuang Khususnya.

Menyimak dinamika Bernagari di Nagari Gunuang beberapa Tahun ini, dengan adanya masalah yang belun terselesaikan dengan baik sehingga mengakibatkan berkurangnya  keharmonisan anak Nagari Gunuang.

Dengan adanya permasalahan ini telah menumbuhkan kesadaran unsur-unsur nagari yang terdiri dari Bundo Kanduang , Generasi Muda, serta tokoh Nagari Gunuang Padang panjang baik yang di Ranah maupun yang di Rantau untuk mengambil sikap dengan  melakukan ikrar Sumpah Sati Puncak Nyalo sebagai awal perbaikan Nagari kearah yang lebih baik.


Unsur-unsur Nagari Gunuang ini sepakat  Nilai-nilai ideal dalam kehidupan yang mesti dihidupkan terus dalam menata kehidupan bernagari, antara lain adalah ;

Raso Badunsanak ,Raso Mamiliki ,  ,Saciok bak ayam,  Sahino samalu, saunjuak sabarian satanai salatak an.. berdasarkan pituah lama tersebut dan segala dinamika anak Nagari Gununag , unsur-unsur anak nagari yang berkumpul di Puncak Nyalo Bukik Kanduang Nagari Gunuang ini mengikrarkan sumpah Sati puncak Nyalo yaitu:


SUMPAH SATI PUNCAK NYALO NAGARI GUNUANG


1. BASATU MANJAGO MARWAH NAGARI

2. BASATU MANJAGO PUSAKO NAGARI

3. BASATU MAMBANGUN NAGARI.


Sumpah Sati yang di ikrarkan  di puncak tertinggi Nagari Gunuang ini sebagai simbol kebangkitan ANAK  Nagari Gunuang Saciok Bak ayam  sadanciang bak  basi  , Raso di baok Naiak , Pareso di bao turun manjago marwah nagari. Sahino samalu , saunjuak sabarian manjago pusako Nagari.Maminteh sabalun hanyuik malantai sabalun lapuak , ingek-ingek sabalun kanai  basatu mambangun Nagari.yang mengandung Filosofis   Alam Takambang jadi Guru, suatu konsep alam semesta, merupakan sumber “ kebenaran “ dan kearifan orang Minangkabau. Alam semesta dipahami orang Minangkabau dari segi fisik dan sebuah  tatanan kosmologis. Alam bukan saja dimaknai sebagai tempat lahir, tumbuh dan mencari kehidupan, lebih dari itu alam juga dimaknai sebagai kosmos yang memiliki makna filosofis.

 Puncak Nyalo sebagai puncak tertinggi di Nagari Gunuang mengisyaratkan anak Nagari harus senantiasa memiliki kesadaran tingginya nilai-nilai yang di anut oleh pendahulu dan senantiasa di bangunkan atau di nyalakan kembali di setiap sanubari anak nagari.

Pemaknaan orang Minangkabau dan nagari Gunuang  terhadap alam terlihat jelas dalam ajaran  pandangan iduik ka dipakai mati ka di tompang yang seringkali mereka nisbahkan melalui pepatah, petitih, mamangan, petuah, yang diserap dari bentuk sifat dan kehidupan alam.

Pandangan kosmos ini pada akhirnya membawa  pada keteraturan semesta bukanlah sesuatu yang tiba – tiba, melainkan muncul melalui proses pergulatan antara pertentangan dan keseimbangan. Perbedaan dan pembelahan yang akhir-akhir ini terjadi tidak dipandang sebagai  kemunduran namun sebagai pembelajaran serta menjadi titik balik kesadaran anak nagari untuk mengambil sikap guna perbaikan  Nagari dimasa yang akan datang.

Profil penulis : 

 Suhatman Sutan Madjo Indo
 Pemerhati Sosial
 Penasehat BMKM Badan Musyawarah       Keluarga Minangkabau Sumatera Selatan


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.