Header Ads

Banner Iklan Sariksa

Sambut Bulan Mulia dengan Tarhib Ramadhan 1444 H


 Sambut Bulan Mulia dengan Tarhib Ramadhan 1444 H


Padang panjang_Nyalo.Net.Al Hijrah Islamic Boarding School Padang Panjang (21/03) – Sambut bulan mulia Ramadhan 1444 H, seluruh santri, Ustadz Ustadzah tenaga pendidik dan kependidikan, jajaran pengurus dan pembina Yayasan serta  SDM  SMP IT Al Hijrah ikuti Tarhib Ramadhan yang diadakan pada hari Selasa, 21 Maret 2023, pukul 09.30 WIB, bertempat di Masjid  Al Hijrah komplek SMP IT Al Hijrah Padang Panjang.



Tarhib Ramadhan yang bermakna Menyambut bulan Suci Ramadhan dengan penuh semangat dan kerinduan, sebagaimana disampaikan oleh Ustadz Masneldi Hendri, S.SI  dalam sambutannya yang sekaligus Taujih di hadapan para hadirin. Yakni: bulan ramadhan adalah bulan Syahru tarbiyah, yaitu bulan pendidikan agar membentuk manusia yang bertaqwa.


Ada dua ungkapan dalam Bahasa Arab untuk menyampaikan penyambutan. “Ahlan wa Sahlan” dan “Marhaban”. Adapun Ahlan wa Sahlan digunakan untuk menyambut tamu yang datang mendadak atau mungkin tidak dikenal, sementara Marhaban digunakan untuk menyambut tamu yang sudah dikenal dan sangat dinantikan. 


Sama halnya ketika kita akan kedatangan tamu kehormatan, maka kita akan mempersiapkan penyambutan yang layak dan terhormat. Apalah lagi jika yang akan datang adalah tamu yang sangat istimewa, bulan suci yang Allah muliakan, bulan terbaik yang akan memberikan banyak kebaikan, bulan penuh rahmat dan keampunan, maka sudah selayaknya kita mempersiapkan penyambutan yang jauh lebih istimewa. Dalam tausiyahnya ust. Hendri juga mengatakan ada 3 hikmah org berpuasa ; melatih kehidupan akhirat, melatih kepekaan sosial dan memupuk kesabaran.



Mempersiapkan dengan azam dan tekad yang kuat untuk dapat mengisinya dengan berbagai ibadah dan amalan, juga dengan membersihkan diri dari segala dosa dan kekhilafan. Semoga kita disampaikan di bulan suci Ramadhan dan Allah membimbing kita untuk dapat beribadah kepada-Nya sehingga tercapai tujuan dari Shaum, yaitu menjadi hamba-Nya yang bertakwa. Amiin.


Kegiatan tarhib berjalan dengan penuh perhatian dari para hadirin, semoga kegiatan ini semakin menguatkan azam kita untuk lebih baik pada Ramadhan kali ini.


(NF – Kontributor Al Hijrah)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.