Header Ads

Banner Iklan Sariksa

Tingkatkan Kualitas Pendidikan, Pondok Pesantren Kauman Padangpanjang gelar Uji Kompetensi Guru (UKG)


 Tingkatkan Kualitas Pendidikan, Pondok Pesantren Kauman Padangpanjang gelar Uji Kompetensi Guru (UKG)

Padang Panjang (Nyalo.Net)- Uji Kompetensi Guru (UKG) menjadi salah satu tolok ukur kemampuan dan kompetensi dasar guru dalam upaya melahirkan generasi Cerdas berkemajuan. Hal ini disampaikan Mudir Pondok Pesantren, Dr. Derliana, MA saat memberikan kata sambutan pada acara Uji Kompetensi Tenaga Pendidik di Lingkungan Pondok Pesantren Kauman Muhammadiyah Padangpanjang. Selasa (31/05).

"Seorang pendidik harus memiliki dan menguasai empat kompetensi yang menjadi tolok ukur dalam undang-undang pendidikan. Kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi profesional dan kompetensi sosial menjadi sesuatu yang wajib dikuasai oleh guru dimanapun ia mengajar, Selain itu, kita tambahkan pengujian secara khusus pada penguasaan konten pembelajaran masing-masing mata pelajaran." ungkapnya.

Dilanjutkannya bahwa kegiatan yang dilaksanakan selama dua hari ini bertujuan untuk melihat kemampuan guru yang ada di lingkungan Pondok Pesantren sekaligus meningkatkan kemampuan guru dalam memahami konsep pendidikan yang sebenarnya.

"UKG internal ini bertujuan memperkuat peran guru dalam melaksanakan pembelajaran. Seyogianya guru harus mampu memberikan pelayanan terbaik dalam pembelajarannya. Selain itu guru harus selalu meningkatkan mutu pendidikan di pondok pesantren. UKG internal ini juga dapat digunakan untuk memetakan kondisi objektif setiap guru sehingga dapat dijadikan sebagai informasi penting bagi kita ketika akan mengambil sebuah kebijakan yang terkait dengan materi dan juga strategi dalam memberikan pembinaan yang dibutuhkan oleh guru,"bebernya.

Ketua pelaksana, Dr. Taufik Hidayat, MA menyampaikan bahwa kegiatan uji kompetensi menjadi sumber informasi dalam menetapkan standar bagi para pendidik khususnya masalah kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional.

"Uji kompetensi guru ini diberikan sesuai dengan latar belakang dari pendidik tersendiri sesuai dengan pendidikan dan jenjang di mana tempat guru tersebut bertugas. Hal ini demi menjamin mutu dan kualitas pendidikan di pondok pesantren kita," tegasnya.



Selanjutnya Dr Taufik juga menyampaikan bahwa kesuksesan siswa akan sangat tergantung kepada cara guru memberikan pembelajaran. Jika ingin melahirkan generasi cerdas berkemajuan, guru mesti memiliki kecerdasan yang berkemajuan.

"Kesuksesan mendidik seorang guru dapat dilihat bagaimana seorang guru memahami hakikat pendidikan itu sendiri. Kata kuncinya ada di dalam kelas,"ungkapnya.

Ditambahkannya bahwa pondok pesantren berharap melalui kegiatan ini semua dapat melihat transfer of value yang sudah dilakukan.

"Kita ingin mereview kapasitas dan kapabilitas yang dimiliki oleh tenaga pendidik di lingkungan pondok pesantren Kauman.  Sebab tanggung jawab moril santri ada di pundak para guru. Untuk itu marilah kita bekerja sama dan sama-sama bekerja untuk kemajuan pondok kita ini," tutupnya. (JE.Darwisi)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.