Header Ads

Banner Iklan Sariksa

Rayakan Idul Fitri, Anak Nagari Gunuang Semarakkan Padang panjang dengan Takbiran keliling

Padang panjang (Nyalo.Net)_ Rayakan Idul Fitri 1443 H, Anak Nagari Gunuang Guncang Padang Panjang Dengan Pawai Takbiran 

Dalam rangka menyambut 1 Syawal 1443 Hijriyah, anak Nagari Gunuang Padang Panjang menggelar pawai malam takbiran. Kegiatan yang terlaksana berkat kerjasama Surau musam Guci dan antar Jurai yang ada di nagari Gunuang ini memberikan kesan yang mendalam bagi masyarakat yang menyaksikan. Bukan tanpa alasan hal ini terjadi karena sudah beberapa tahun terakhir tidak ada kegiatan pawai Takbiran dilaksanakan di kota Padang  Panjang, dan pawai kali ini sangat meriah dan di ikuti oleh    Empat jurai  di Nagari Gunuang Minggu (1/5).

Kurnia Saputra salah satu perantau yang sudah lama tidak merasakan pawai takbiran ini mengungkapkan rasa haru dan bahagianya saat ikut dalam iringan pawai tersebut.

"Sudah tiga tahun tidak merasakan hal ini. Bahagia sekali dapat ikut. Kami para perantau ketika pulang kampung, momen seperti ini yang kami rindukan. Serasa ada yang kurang bila tidak ada pawai takbiran ini, dia berharap dengan momen pawai takbiran Idul Fitri ini  silaturrahmi dan kekompakan anak Nagari semakin terjaga" ungkapnya.

Anggun kurniawan Katik Madjo indo yang bertindak sebagai koordinator lapangan menegaskan, momen takbiran kali ini sangat mengharukan, bukan saja karna antusias peserta , namun juga perhatian masyarakat disepanjang perjalanan yang ikut masuk kedalam rombongan, dan memyumbangkan minuman ataupun snack untuk logistik selama pawai, semua membaur dan saling terikat secara emosional dan memperlihatkan ukuwah islamiyah  serta kegembiraan memyambut hari kemenangan.

Salah satu koordinator kegiatan, Fajrul Hudaya, dalam pelepasan rombongan pawai takbiran Idul Fitri mengatakan, pawai takbiran malam ini adalah momentum istimewa bagi umat Muslim di Kota Padang panjang yang telah lama tidak merasakan momentum kebahagiaan dalam menyambut hari raya idul fitri.

"Idul Fitri sekarang adalah waktu yang menggembirakan bagi kita umat Muslim, terutama karena di hari raya ini banyak orang yang bisa berkumpul, sehingga akan lebih banyak salam dan ucapan selamat yang dapat disampaikan secara langsung," katanya.

Menurut dia, pawai takbiran Idul Fitri tahun ini istimewa karena sudah dua tahun sebelumnya tidak dilakukan akibat pandemi COVID-19 melanda Indonesia bahkan dunia.
Ia mengucapkan selamat merayakan hari kemenangan kepada seluruh umat Muslim yang ada di seluruh Dunia.



Di temui di tempat yang sama, Nanda selaku koordinator dan pengurus  surau Musam Guci menambahkan ,pelepasan dimulai dari Simpang Guci dan titik kumpul selanjutnya di sigando dan simpang ekor lubuk serta Ngalau,  Beliau mengajak seluruh elemen masyarakat di Nagari Gunuang untuk terus bersatu padu dalam satu tujuan baik untuk memajukan nagari Gunuang khususnya, Padang Panjang umumnya.

"Mari kita tetap konsisten dan menguatkan komitmen dalam wujud persatuan dan kesatuan anak Nagari, sehingga rasa Badunsanak dan memiliki tetap kita rawat  dan ciptakan di tengah perbedaan-perbedaan yang ada," katanya.

Iringan pawai Takbiran yang berjumlah lebih kurang seribuan anak nagari Gunuang ini dimulai dari simpang Ronson, Guci Jurai Gantiang, kemudian dilanjutkan menuju Jurai Sigando, lalu ke Jurai Ekor Lubuk. Iringan selanjutnya mengarah ke Jurai Ngalau dan terakhir menuju pasar Padang Panjang, setelah itu baru kembali ke titik kumpul. Kedepan kita berharap pawai takbiran keliling dapat semakin hidup dan semarak di seluruh kota Padang panjang, agar hari raya Idul Fitri benar-benar dirasakan sebagai hari kemenangan. 

Kontributor : JE Darwisi
Editor.            : Mulia Mitra Hadi
Fotografer.    : Muhammad Arif Budiman

1 komentar:

  1. Pemerintah Kota baa kolah? Lai ado takana dek nyo mode ko? Atau acara RT sajonyo amuah manghadiri?

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.